GROBOGAN – Dalam dunia pendidikan guru merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Inilah yang menarik dalam pembelajaran bahasa inggris, guru sebagai fasilitator seharusnya memikirkan bagaimana untuk membuat peserta didik tertarik dan apa yang diajarkan dengan menentukan metode , media, sumber belajar yang menarik sesuai dengan apa yang ditemukan dan diharapkan dalam kehidupan sehari hari.
Berdasarkan uraian diatas, beruntunglah bagi semua guru bahasa inggris yang bisa menggunakan peluang ini karena dalam kehidupan sehari hari banyak ditemukan salah satunya taglinedan nama produtsebagai sumber belajar karena dalam kehidupan sehari hari peserta didik sering bahkan selalu menjumpai saat menonton televisi, bahkan saat membeli product.
Tagline adalah alat pemasaran yang kuat untuk memotivasi pelanggan mendukung sebuah merek.Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibuat para pengiklan dalam bentuk visual maupun verbal yang mengungkapkan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu.Tagline merupakan bagian dari iklan yang bertujuan agar iklantersebut mudah diingat oleh konsumen. Tagline dalam suatuiklan memegang peranan penting.
Menurut ” Noeradi,Kridalaksana, “Noeradi, Utorodewo, & Indrati (1996). Taglineadalahkalimat singkat sebagai penutup teks inti yang menyimpulkansecara singkat tujuan komunikasi suatu iklan.Taglinemerupakan suatu ungkapan pendek berisi pesan yang padatdan mudah diingat.Taglinedapat disamakan dengan slogan,atau jargon dalam iklan. Penggunaantaglinebermanfaat untukmemperkuat kemampuan iklan dalam mengeksekusi (menggapaisasarannya) yaitu mempengaruhi konsumen untukmenggunakan produk yang diiklankan. Beberapa contoh tagline dalam bahasa inggris yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris “Life is Never Flat” (Chitato), “Open Happiness” (Coca-Cola), “Expert in Bone Nutrition” (Anlene), “Go Ion” (Pocari Sweat), “It All Starts With a Nescafé” (Nescafé), All American Food” (A&W), “Make it Great” (Pizza Hut, “I’m Lovin’ It” (McDonald’s), “The Power of Dreams” (Honda), Life’s Good” (LG),“Think Different” (Apple),“Ideas for Life” (Panasonic) dan masih banyak tagline dalam bahasa inggris yang lainnya
Adapun nama produk di indonesia yang menggunakannama produk di Indonesia yang menggunakan bahasa inggris seperti : rejoice, dove, sunsilk, vanish, attack, silverqueen, lux, head & shoulder, formula, molto, blue band, surf, close up, vaseline, pure it, fanta, kleenex, good day, good time, pure live, hilo, zee, curcuma, total, fair & lovely, downy, clean & clear, twister, joy tea, richeese, better, foxs, say, kiss.Tagline dan nama produk dalam bahasa inggris sudah sangat familiar dikehidupan peserta didik sehingga peserta didik akan selalu ingat akan kata kata dalam tagline dan nama produk tersebut.
Sehingga apabila tagline dan nama produk digunakan sebagai sumber belajar akan sangat membantu peserta didik dalam penguasaan kosa kata baru. Sebagai fasilator guru menegaskan untuk penguasaan makna yang terkandung dalam tagline tersebut. Penegasan makna tagline itu diutamakan karena banyak peserta didik tahu tagline, bisa mengucapkan, menirukan tetapi tidak tahu makna atau arti yang terkandung dalam tagline.Dengan sering mendengar dan melihat bahkan menggunakan dalam kehidupan sehari hari kata kata yang ada ditagline tidak akan mudah lupa.apabila ini diterapakan sebagai salah satu sumber belajar akan sangat membantu peserta didikuntuk upaya tingkatkan perbendaharaaan Vocabularies ( kosa kata).
Taglinedan nama produk dalamdalam bahasa inggris sangat memabantu dalam tingkatkan penguasanVocabularies ( kosa kata) denVocabularies ( kosa kata). Media ini mempunyai keunggulan yaitu peserta didik sudah sangatfamiliardan sesuai dengan kehidupan sehari hari sehingga peserta didik mudah untuk mengingat Vocabularies ( kosa kata) dan makna dari tagline.
Oleh :
HERU GATOT SUSILO,S,Pd
Guru SMP 2 Toroh Kab. Grobogan