JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Apabila Anda adalah seorang pebisnis, maka Anda perlu membuat landing page untuk website Anda. Apa keuntungannya? Membuat landing page adalah salah satu strategi online marketing agar dapat menggaet pelanggan baru dan trafik ke situs Anda.
Landing page merupakan halaman web statis yang fokusnya mendapatkan leads lewat aksi tertentu. Bentuk aksi tersebut bisa berwujud page yang berhubungan dengan situs utama Anda atau terintegrasi sebagai bagian dari website.
“Fokus utama landing page dapat beragam tergantung jenis bisnis yang Anda lakukan. Namun, yang paling umum adalah landing page untuk mengarahkan pengunjung mendaftarkan akun agar mendapatkan uji coba gratis, newsletter mingguan, atau menambahkan produk ke keranjang,” demikian ulasan pada laman landing page Zyro.
Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Landing Page
Homepage website reguler bisa terlihat kurang menarik dan rapi karena terlalu penuh dengan menu, postingan, link, sidebar, dan lainnya. Oleh karenanya, memiliki landing page sangat bermanfaat. Sebab akan memfokuskan langkah tertentu untuk meningkatkan conversion rate.
Misalnya, jika Anda sedang berada di homepage Google Docs, perhatian Anda bisa saja berfokus pada value proposition dan frasa call to action. Dengan demikian, saat Anda membacanya, Anda akan tertarik untuk menggunakan layanan Google Docs saat ingin membuat dokumen secara online.
Landing page akan meningkatkan tingkat respon pengunjung website. Pasalnya, Anda menunjukkan hal yang harus dilakukan oleh pengunjung situs. Rata-rata, conversion rate yang dihasilkan sebesar 2.35%.
Usaha Anda untuk membuat pemasaran, pengiklanan, dan social media outreach akan menghasilkan dampak positif apabila Anda menaruh strategi tersebut pada landing page secara optimal..
Tips Membuat Landing Page
Landing page adalah halaman yang mempunyai informasi singkat namun efektif. Maka, pembuatannya membutuhkan perhatian lebih. Anda bisa mempraktekkan beberapa langkah di bawah ini agar bisa membuat landing page lebih efektif.
Simak ulasannya :
Berikan Informasi yang Menarik
Pastikan Anda agar membuat landing page dengan informasi yang menarik. Dengan begitu, pengunjung juga akan tertarik menghabiskan waktu lebih banyak hingga mereka mendapatkan apa yang mereka cari.
Gunakan CTA yang Kuat
Call to Action (CTA) bisa berupa frasa singkat untuk mendorong pengunjung (visitor) menyelesaikan tujuan yang sudah Anda buat. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan atau tidaknya halaman arahan atau landing page.
Maksimalkan Landing Page yang Mobile Friendly
Sebagian besar traffic yang datang ke sebuah website bersumber dari mesin pencari perangkat mobile. Website yang mobile-friendly punya peluang mendapatkan traffic dua kali lebih banyak.
Maka, itulah alasan kenapa landing page harus dibuat mobile-friendly. Cobalah mempelajari beberapa alasan kenapa website harus mobile-friendly.
Gunakan Header untuk Menyampaikan Pesan atau Tawaran
Landing page adalah fitur yang dapat Anda maksimalkan untuk menawarkan sesuatu kepada pengunjung. Mereka bisa saja menerima atau menolak tawaran tersebut. Agar dapat meyakinkan pengunjung, Anda hanya memiliki waktu 8 detik.
Maka pastikan tawaran yang Anda berikan kepada pengunjung atau target audiens diterima saat mereka sampai di landing page yang Anda buat.
Manfaat header, deadline, serta sub-heading untuk menempatkan tawaran yang dibuat. Jelaskan secara singkat dan menarik tawaran tersebut di bagian tubuh teks landing page.
Gunakan Visual yang Kuat
Coba tarik perhatian audiens atau pengunjung dengan template yang profesional, gambar menarik, dan video atau animasi relevan dengan tujuan Anda. Taruhlah konten visual terpenting di bagian atas halaman strategis.
Kendati masih banyak website yang belum menggunakan fitur ini, namun bukan berarti Anda mengesampingkan begitu saja untuk membuat laman tersebut. Sebab, landing page bisa membantu mendapatkan uang yang lebih dari website dan bisnis yang Anda jalankan.
Dengan mengetahui manfaat dan fungsinya, Anda akan semakin percaya bahwa landing page diperlukan dalam memengaruhi lebih banyak orang agar melakukan tindakan yang Anda inginkan, termasuk melakukan pembelian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(*)