Kejenuhan biasa terjadi dalam kegiatan belajar mengajar. Kondisi itu merupakan dinamika dalam proses pembelajaran. Kejenuhan seringkali melanda siswa saat proses pembelajaran di kelas. Penyebab yang paling dominan karena suasana kelas dan proses pembelajaran yang terlalu monoton dan tidak memotivasi siswa untuk berperan aktif. Jika hal ini tidak segera diatasi maka akan berpengaruh terhadap kelangsungan proses pembelajaran. Hal tersebut juga terjadi di SMP Negeri 1 Sambirejo, Sragen.
Pembelajaran yang ideal adalah tatkala peserta didik dapat mengikuti dan menyerap materi pembelajaran dengan menyenangkan. Salah satu rintangan dalam pembelajaran adalah kejenuhan yang dirasakan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru kurang bervariasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa kurang berminat ketika belajar di kelas, kurangnya rangsangan keaktifan siswa dalam belajar, pendekatan yang salah, kondisi siswa yang kurang sehat. Seorang guru yang baik akan berusaha mencari cara untuk mengatasi situasi tersebut, salah satunya dengan melaksanakan ice breaking.
Ice breaking yaitu memberikan selingan dalam pembelajaran. Arti ice breaking secara bahasa adalah ice (es) dan breaker (pemecah) dengan kata lain ice breaking adalah pemecah kebekuan. Secara istilah ice breaking adalah suatu kegiatan yang ringan dan bervariasi untuk memecah kebekuan. Ice breaking biasa dipakai narasumber dalam kegiatan pelatihan, outbond dan sebagainya. Ice breaking adalah sebuah aktivitas kecil yang umumnya lucu dan mengundang tawa dalam suatu kegiatan agar pembelajaran menjadi nyaman dan tidak membosankan.
Adapun tujuan kegiatan ice breaking dibuat untuk menghilangkan suasana bosan, saling berinteraksi, berkomunikasi dengan baik antara siswa satu dengan yang lain dalam kegiatan belajar. Ice breaking bisa dilakukan di awal, tengah maupun akhir pembelajaran. Ice breaking dapat memecah suasana menjadi lebih rileks. Apabila siswa terlalu tegang dalam mengikuti pembelajaran maka perlu diberikan suasana yang santai dengan ice breaking. Apabila suasana belajar menyenangkan, siswa akan mudah menerima materi pelajaran.
Manfaat positif dari ice breaking bagi guru adalah dapat menguasai keadaan kelas, lebih mudah dalam menyampaikan materi dan meningkatkan kreativitas. Sedangkan manfaat ice breaking bagi siswa adalah menghilangkan rasa jenuh, bosan dan menarik perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga kembali berkosentrasi lagi.
Seberapa besar manfaat ice breaking dalam pembelajaran tersebut. Dalam ice breaking pembelajaran membutuhkan kreativitas dari seorang guru sebagai seorang motivator dan fasilitator saat merancang dan menyampaikan kegiatan positif kepada siswanya. Macam-macam variasi ice breaking yaitu tepuk tangan, menyanyi, permainan, senam, kuis, bercerita, kalimat pembangkit semangat, senam, humor, kalimat penuh makna dan senam otak.
Syarat kegiatan ice breaking dalam kegiatan belajar mengajar ; pertama dibutuhkan guru sebagai motivator dan fasilitator yang baik akan kreatifh, kedua sekelompok siswa yang akan melaksanankan kegiatan, ketiga rancangan ide ice breaking yang menarik perhatian siswa.
Dengan kegiatan ice breaking, mampu memberikan solusi yang baik untuk mengatasi permasalahan jenuh dan bosan di kelas sehingga siswa selalu bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan guru di kelas. Seorang guru yang kreatif akan mampu membuat ice breaking yang inovatif yang dapat mengatasi kejenuhan dalam pembelajaran.
Annisa Dyah Arbawati, S.Pd
Guru SMP Negeri 1 Sambirejo, Sragen Jawa Tengah