“TPS” Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi

Khomsiatun, SE.M.Pd Guru Ekonomi SMA N 1 Sumberlawang

Jurnal Penyesuaian merupakan bagian dari kompetensi dasar membuat laporan keuangan . untuk  bisa menyusun laporan keuangan harus melalui tahapan pengikhtisaran akuntansi meliputi penyusunan neraca saldo, jurnal penyesuaian , kertas kerja baru bisa disusun laporan keuangan. Mindset peserta didik kelas XII IPS2 SMA N 1 Sumberlawang menganggap materi jurnal penyesuaian begitu sulit, sehingga menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Terbukti  dari nilai Ulangan Harian hanya 57,6 % siswa telah lulus KKM ,dengan nilai rata-rata kelas berkisar 70,30, nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 92 masih jauh di bawah KKM untuk mata pelajaran ekonomi yaitu 75.

Dengan kondisi tersebut seorang guru mempunyai peran yang sangat besar dalam merubah mindset peserta didik dengan mengemas pembelajaran yang menarik, sehingga anak merasa terbantu dalam memahami materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Melalui metode dan media yang bervariasi mampu menumbuhkan motivasi dalam pembelajaran sehingga diharapkan hasil belajar siswa baik serta tujuan pembelajaran tercapai. Beberapa strategi untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, yakni (a)menjelaskan tujuan belajar; (b)hadiah; (c) Kompetisi; (d) pujian; (e) hukuman; (f) membentuk kebiasaan belajar yang baik; (g) membantu kesulitan belajar; (h) menggunakan metode dan media yang bervariasi (Faturrohman, Sobry, 2007: 21)..

Baca juga:  Media Audio Visual Tingkatkan Kemampuan Bercerita Siswa

Think Pair Share  (TPS) adalah jenis pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar berpasangan, sehingga memberi kesempatan siswa untuk berpikir , merespon, saling membantu dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan lebih mudah menemukan serta memahami konsep- konsep yang sulit, akhirnya hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Menurut Anita Lie(2008:58)  4 langkah dalam TPS yaitu: 1) Siswa  dikelompokkan berempat dengan soal yang berbeda dalam KD yang sama. 2) Setiap kelompok memikirkan dan mengerjakan tugas sendiri, 3) Siswa berpasangan dengan salah satu rekan dalam kelompok untuk berdiskusi..4) Kedua pasangan bertemu kembali dalam kelompok berempat. Siswa mempunyai kesempatan untuk membagikan hasil kerjanya kepada kelompok berempat.

Pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada materi Jurnal Penyesuaian perusahaan dagang  kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Sumberlawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah skor pada pra tindakan dengan rata- rata skor sebesar 420 dan  prosentase motivasi belajar siswa sebesar 62,5%. Setelah tindakan  dihasilkan rata-rata skor 544,5, dan prosentase motivasi siswa sebesar 81%.sehingga mengalami kenaikan sebesar 18,5%..  Berdasarkan kategori skor, 81% tergolong tinggi  karena berada pada rentang 65% ≤ x ≤ 84% yang mana x adalah % motivasi siswa sebesar 81%. Skor tersebut diperoleh dari jumlah skor total pada pertemuan pertama dan kedua yang selanjutnya dibagi dengan jumlah skor maksimal.


Baca juga:  Tingkatkan Minat Baca Siswa Melalui Jokcales

Naiknya motivasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 58% dengan nilai rata-rata sebesar  70,21 dan pada akhir tindakan naik menjadi 89,28% dengan nilai rata-rata sebesar 81,71 sehingga terjadi kenaikan prosentase sebesar 31,28% dan nilai rata-rata sebesar 11,5.

Indikator keberhasilan telah tercapai Penilaian hasil rata-rata pada akhir tindakan mencapai minimal 75, sedangkan hasil akhir tindakan ,mencapai nilai rata-rata 81,71 dan indikator  Ketuntasan belajar secara klasikal minimal mencapai 85%, sedangkan hasil akhir tindakan mencapai 89,28%

Oleh

Khomsiatun, SE.M.Pd

Guru Ekonomi SMA N 1 Sumberlawang