JATENGPOS.CO.ID, – Kemampuan pada mata pelajaran Bahasa Inggris terbagi ke dalam empat komponen. Komponen tersebut yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Dari keempat komponen tersebut writing atau kemampuan menulis adalah materi yang merupakan kemampuan pasif. Writing menekankan pada kesesuaian kosa kata sesuai dengan waktu yang digunakan. Pada writing, kata yang ditulis harus sesuai dengan maksud dan tujuannya. Hal ini disebabkan pada kemampuan writing, hanya tulisan itu yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Berbeda dengan speaking, ada kemungkinan untuk menggunakan gerak tubuh untuk membantu berkomunikasi.
Materi writing terdiri dari beberapa jenis teks. Beberapa teks yang diajarkan di sekolah yaitu recount text, narrative text, descriptive text, procedure text, report text, hortatory text, discussion text, caption text, dan lain-lain. Pelajaran writing memang cenderung membosankan. Hal ini disebabkan pelajaran writing kurang memiliki inovasi metode pembelajaran. Siswa diberikan tugas untuk menulis teks sesuai dengan materi yang diajarkan.
Mengapa pembelajaran writing tidak menarik bagi siswa? Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kegiatan menulis yang pasif. Siswa tetap diam di kelas namun mereka harus memaksimalkan imajinasi mereka untuk membuat sebuah tulisan. Siswa dapat menyusun tulisan mereka dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu kemudian mengubahnya ke dalam bahasa Inggris. Beberapa siswa mungkin kesusahan untuk menyusun tulisan itu. Belum lagi ketika siswa menemukan kata-kata yang belum mereka ketahui.
Salah satu materi pelajaran Bahasa Inggris adalah procedure text. Procedure text merupakan teks mengenai cara untuk melakukan sesuatu. Procedure text secara umum dapat ditemukan pada kemasan makanan dan minuman, penggunaan alat, atau tutorial lainnya. Salah satu procedure text yang paling sering dijumpai adalah resep makanan. Pembelajaran procedure text pun sangat mudah, siswa cukup mengumpulkan urutan cara untuk melakukan sesuatu tersebut.
Sebenarnya terdapat inovasi dalam pembelajaran ini. Procedure text dapat dilakukan dengan cara direct method. Siswa dapat secara langsung mempraktikkan isi dari procedure text yang mereka buat. Hal ini dapat dilakukan dengan video atau langsung dipraktikkan di depan kelas. Tentunya dengan video, siswa dapat lebih berkreasi dibandingkan langsung dipraktikkan di depan kelas. Bayangkan saja apabila siswa akan mempraktikkan procedure text dari cara mendirikan tenda dan siswa harus membawa tenda ke depan kelas tentu akan merepotkan siswa.
Contoh mudah dari pembuatan video procedure text adalah dengan praktik memasak. Acara memasak yang ada di televisi merupakan contoh mengenai procedure text yang dilakukan dengan video. Siswa dapat membuat sebuah video tentang cara memasak sebuah makanan seperti yang ada di acara televisi tersebut. Siswa juga dapat membuat tentang video tutorial lainnya.
Pembelajaran procedure text merupakan materi untuk peningkatan kemampuan writing. Dengan dilakukannya direct method maka selain siswa juga belajar cara menulis procedure text, siswa juga belajar untuk meningkatkan kemampuan speaking mereka. Untuk membuat video tentang procedure text maka siswa harus mengucapkan langkah-langkah yang mereka tulis sebelumnya dan melakukan isi dari langkah-langkah tersebut. Tentunya guru harus memperingatkan siswa untuk berhati-hati dalam membuat video tersebut. Guru juga bisa membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk mempermudah siswa membuat video tersebut.
Inovasi dalam metode pembelajaran merupakan hal yang penting. Inovasi-inovasi tersebut diharapkan dapat membuat siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, inovasi metode pembelajaran dapat meningkatkan beberapa kemampuan siswa sekaligus. Dengan pembelajaran melalui direct method seperti ini, siswa dapat belajar meningkatkan kemampuan writing mereka sekaligus kemampuan speaking. Siswa juga diharapkan akan lebih mudah untuk memahami apa yang dimaksud dengan procedure text ketika mereka mempraktikkan apa yang mereka tulis secara langsung.
Suharyono,S.Pd
(Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 3 Purworejo)