Dalam pembelajaran matematika kelas 7 khusus materi aritmatika sosial. Dalam pembelajaran Aritmatika Sosial ini siswa mengalami kesulitan dalam menghitung laba dan rugi. Sehingga perlu kita praktikkan jual beli skala kecil dilingkup di SMP Negeri1 Giriwoyo Kelas 7D. Apakah dengan adanya interaksi sosial yang baik akan meningkatkan aritmatika sosial khususnya materi rugi dan laba pada pembelajaran matematika?
Interaksi sosial menurut Gillin dan Gillin (dalam Soekanto, 2007:55) merupakan hubungan – hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang – orang – perorangan, antara kelompok – kelompok manusia maupun anatara orang perorangan dengan kelompok manusia. Interaksi sosial juga merupakan kunci dari semua kehidupan sosial karena tanpa interaksi sosial, tak akan mungkin ada kehidupan bersama Young dan W. Mack ( Dalam Soekanto 2007:54). kontak sosial, dapat dapat bersifat positif mengarah pada suatu kerjasama, sedangkan yang bersifat negatif mengarah pada suatu pertentangan atau bahkan sama sekali tidak menghasilakan suatu interaktif sosial. Interaksi Sosial perlu adanya komunikasi. Arti terpenting komunikasi menurut Soekanto ( 2007:60 ) bahwa seseorang memberikan tafsiran pada perilaku orang lain ( yang berwujud pembicaraan, gerak – gerak badaniyah atau sikap ), perasaan – perasaan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Dengan adanya komunikasi tersebut, sikap – sikap dan perasaan – perasaan suatu kelompok dapat diketahui oleh kelompok – kelompok yang lain. Sehingga mereka akan tahu apa yang seharusnya dilakukannya.
Soekanto (2002) mengemukakan aspek interaksi sosial yaitu : Aspek kontak sosial, merupakan peristiwa terjadinya hubungan sosial antara individu satu dengan lain. Kontak yang terjadi tidak hanya fisik tapi juga secara simbolik seperti senyum, jabat tangan. Kontak sosial dapat positif atau negatif. Kontak sosial negatif mengarah pada suatu pertentangan sedangkan kontak sosial positif mengarah pada kerja sama. Aspek komunikasi. Komunikasi adalah menyampaikan informasi, ide, konsepsi, pengetahuan dan perbuatan kepada sesamanya secara timbal balik sebagai penyampai atau komunikator maupun penerima atau komunikan. Tujuan utama komunikasi adalah menciptakan pengertian bersama dengan maksud untuk mempengaruhi pikiran atau tingkah laku seseorang menuju ke arah positif.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aspek interaksi sosial yang digunakan sebagai skala interaksi sosial yaitu kontak sosial dan komunikasi, dengan alasan kedua aspek sudah mencakup unsur-unsur dalam interaksi sosial serta dianggap dapat mewakili teori-teori yang lain.
Dalam kegiatan belajar mengajar yang kita praktikan, kita ambil sampel 2 anak yang kita amati yaitu anak kelas 7 E yang bernama Tessa dan Audi. Kedua anak tersebut membeli makanan yang sama untuk dijual kembali, pada istirahat pertama kedua anak tersebut menjajakan dagangannya dengan harga yang sama pula. Mereka berjualan roti dengan jumlah tiap anak 25 bungkus, hasilnya sebelum bel istirahat habis roti yang dijajakan Audi lebih dahulu habis dari roti yang dijajakan Tessa, ternyata roti Tessa masih tersisa 15 bungkus. Secara otomatis Tessa mengalami kerugian. Supaya Tessa tidak rugi pada istirahat kedua roti tersebut dijualkan Audi, dan ternyata laku semua, sehingga Tessa tidak merasakan kerugian.
Setelah kita selidiki ternyata Audi mempunyai interaksi sosial yang lebih baik di bandingkan dengan Tessa. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Interaksi sosial yang baik dapat meningkatkan aritmatika sosial khususnya materi rugi dan laba pada kelas 7D di SMP Negeri 1 Giriwoyo.
ANDRI SUGIYANTO, S.PD.
GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 1 GIRIWOYO