JATENGPOS.CO.ID, – Dalam kegiatan belajar mengajar guru dituntut untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan diterima oleh semua siswa agar hasil belajar maksimal, guru harus mempersiapkan RPP. Melalui RPP guru menentukan tujuan serta langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakannya.Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan seorang guru memikirkan pendekatan dan strategi yang dianggap paling tepat serta penggunaan media yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran.
Seperti halnya pada pembelajaran tematik kelas 2 SDN 02 Penakir semester 1 memahami hubungan simbol pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila, hasil evaluasi menunjukan rendahnya prosentase ketuntasan belajar siswa.dari 32 siswa hanya 14 siswa yang tuntas KKM atau 57% siswa belum tuntas KKM.Melihat latar belakang permasalahan di atas maka guru berupaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui upaya Penerapan model Make a Match berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi memahami hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
Make a match dikembangkan pertama kali oleh Lorna curran model Make a Match saat ini menjadi salah satu model penting dalam ruang kelas.Tujuan dari model ini antara lain: (1) pendalamn materi; (2) penggalian materi; (3) edutaintment (Huda, 2014:251).
Make a Match atau mencari pasangan merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bisa mengembangkan kemampuan siswa.Model ini sangat disenangi oleh siswa karena tidak menjemukan, guru memancing kreativitas siswa menggunakan media.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pembelajaran Make a Match adalah kartu-kartu.Kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu berisi pertanyaan dan kartu lainnya berisi jawaban dari pertanyaan tersebut (Suprijono, 2014:94).
Berdasarkan uraian tersebut, model Make a Match merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam mencari penyelesaian dari kartu soal dan kartu jawaban yang dibawa untuk mendapatkan pasangannya.
Langkah pembelajaran model Make a Match: a) Guru menyiapkan beberapa kartu gambar yang berisi pertanyaan dan jawaban.b) Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok, kelompok pertama membawa kartu pertanyaan, kelompok kedua membawa kartu jawban, kelompok ketiga sebagai kelompok penilai.c) Guru mengatur tempat duduk menjadi bentuk huruf U dengan kelompok pertama dan kedua saling berhadapan.d) Ketika masing-masing kelompok sudah berada di posisi yang sudah ditentukan, maka guru meniup peluit tanda setiap siswa mulai bergerak mencari pasangan pertanyaan dan jawaban yang cocok.e)Guru memberi kesempatan pada siswa untuk berdiskusi.f)Pasangan yang sudah ketemu menunjukan kartu pertanyaan dan kartu jawabannya kepada kelompok penilai.g)Kelompok penilai membacakan sepasang kartu yang sudah dikumpulkan.h)Guru mengkonfirmasi jawaban.
Dari hasil observasi dan analisa data, penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar tematik kompetensi dasar memahami hubungan simbol pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila pada siswa Kelas II semester I SDN 02 Penakir tahun pelajaran 2019/2020 terbukti dari hasil evaluasi ketuntasan hasil belajar terus meningkat dari ketuntasan klasikal 43% (14 siswa) meningkat menjadi 96%(31 siswa).Berdasarkan simpulan diatas ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran diantaranya Sebelum melaksanakan pembelajaran hendaknya guru harus membuat rencana pembelajaran dengan baik, menggunakan metode belajar yang variatif, menggunakan media serta menggunakan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran yang relevan dengan lingkungan sekolah.
Oleh
ETI PURWANINGSIH, S.Pd.
Guru SDN 02 Penakir, Pemalang