Melalui Fc Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris

TUTIK WINARSIH,S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Pancasila 5 Slogohimo, Wonogiri
TUTIK WINARSIH,S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Pancasila 5 Slogohimo, Wonogiri

Bahasa Inggris pada tingkat SMP bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kompetensi berkomunikasi dan memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global. Seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi di era globalisasi menuntut kita sebagai generasi muda untuk meningkatkan kemampuannya di bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam posisinya itu, bahasa Inggris merupakan bahasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi karenanya tanpa kemampuan bahasa Inggris akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain di berbagai negara seperti penggunaan internet serta alat-alat yang menggunakan teknologi yang canggih.

Sebagian besar dari siswa kelas VII di SMP Pancasila 5 Slogohimo hanya tahu pengucapannya saja tetapi saat mereka diminta untuk menuliskan penulisannya yang benar mereka hanya bisa menulis apa yang mereka ucapkan. Padahal dalam Bahasa Inggris ejaan penulisan dan pengucapannya berbeda inilah yang menyebabkan kesalahan siswa saat menjawab soal terutama ujian tertulis.

Baca juga:  Metakognitif dalam Belajar Fisika

Media  flashcard merupakan media yang berbentuk kartu bergambar yang dibuat dengan menggunakan foto atau gambar, pada bagian belakang terdapat keterangan dari gambar yang ada pada pada flashcard tersebut. Menurut  Arsyad ( 2007:120) “Flashcard biasanya berukuran 8 x 12cm atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi, kartu-kartu tersebut berisi gambar-gambar (binatang, benda, atau buah-buahan) dapat digunakan untuk melatih mengeja dan memperkaya kosakata”. Berdasarkan pendapat Arsyad tersebut, dapat dijelaskan bahwa ukuran flashcard adalah 8 x12 cm atau biasa disesuaikan dengan keadaan siswa yang dihadapi, apabila jumlah siswa banyak maka flashcard dibuat dengan ukuran yang lebih besar dan jika jumlah siswa sedikit maka flashcard dibuat dengan ukuran kecil.

Baca juga:  Meningkatkan Literasi dengan Gemulai

            Untuk menggunakan flascards dalam situasi kelas, seperti belajar membaca menunjukkan gambar dan kata bersama-sama. Meminta siswa untuk melihat gambar dan mengucapkan kata. Kemudian mereka melihat kata dan mengatakannya lagi. Setelah menghadirkan sejumlah kata dengan gambar yang siswa sudah tahu, meminta siswa yang lain untuk keluar dan mencocokkan gambar dan kata-kata. Ketika siswa telah belajar untuk membaca kata-kata, guru dapat membagi mereka menjadi tim dan bermain game membaca menggunakan flashcards. Guru dapat memilih materi Bahasa Inggris yang sesuai, misal, menyimak dan mengucapkan kosakata tentang nama-nama binatang di SMP Pancasila 5 Slogohimo.


            Proses pembelajaran dengan menggunakan media flashcard pada pokok bahasan menyimak dan mengucapkan kosakata tentang nama-nama binatang di kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo  dapat berlangsung efektif, hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan penggunaan media flashcard dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi pembelajaran dan bagi siswa dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata siswa dan membuat pembelajaran menyenangkan dan anak termotivasi untuk berfartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadinya interaksi yang positif baik guru dengan siswa, siswa dengan siswa maupun siswa dengan media pembelajaran.

Baca juga:  Everyone Is A Teacher, dalam Pembelajaran GTO di SMK

TUTIK WINARSIH,S.Pd

Guru Bahasa Inggris SMP Pancasila 5 Slogohimo, Wonogiri