Microsoft Office 365 Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring

FEBTRININGSIH,S.Pd

Virus Covid 19 melanda Indonesia apa awal tahun 2020 yang berasal dari Wuhan Cina pada bulan Nopember 2019. Sehingga dalam kondisi adanya virus Covid 19 maka pembelajaran tatap muka dihentikan dipertengahan bulan Maret 2020. Sejak Saat itu pemerintah memgumumkan tentang belajar dari rumah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya jatuh korban karena terkena virus Covid dan sekaligus memutus rantai penularan covid 19. Keselamatan rakyat lebih utama karena merupakan generasi penerus bangsa.

            Dengan belajar dari rumah maka guru dan sekolah segera mencari solusi tentang pembelajaran selanjutnya. Selain itu Pemerintah juga memprogramkan Pembelajaran Jarak Jauh dan memberikan bantuan kuota  dalam rangka membantu  masyarakat dalam mengikuti proses pembelajaran dalam kondisi covid 19. Guru betul-betul dituntut untuk meningkatkan kompetensi professional dalam kondisi adanya virus covid 19. PJJ yang dilakukan guru, pada awalnya memberikan  materi dan tugas dan orangtua mengembalikan tugas ke sekolah. Tetapi hal tersebut sangat membosankan karena monoton tidak ada yang menarik. Sehingga peningkatan kompetensi professional yang harus dilakukan guru adalah penggunaan Media Informatika.

Media informatika dipadang media yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran daring. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Hidayat (1986) yang menjelaskan bahwa :“Efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar persentase target yang dicapai, makin tinggi efektivitasnya”.

            Dengan melihat situasi dan kondisi dilingkungan masyarakat . Aplikasi yang digunakan adalah Microsoft  office 365 dengan menyelenggarakan workshop Microsoft office 365 selama 2 hari . Kita diperkenalkan fitur-fitur yang ada di  aplikasi microsoft office 365, kemudian  dilanjutkan praktek menggunakan microsft teams untuk persiapan pembelajaran jarak jauh dan terakhir  membuat soal dengan micrososft forms dan sway.

Menurut Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari (2020:498) mengatakan bahwa Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh. Dari pengertian efektivitas diatas guru sudah melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Microsoft office 365 karena mendapat kemudahan dan kelancaran sehingga bisa mencapai target yang telah ditentukan.

Pelaksanaan pembelajran daring dilakukan per –  pararel, untuk kelas VII ,VII,dan IX masing-masing pararel dibantu 1 operator untuk  mengoperasikan  laptop dalam rangka memperlancar pelaksanaan pembelajaran daring. Hal tersebut dilakukan dengan harapan operator tersebut yang bertanggungjawab atas kelancaran pelaksanaan pembelajaran daring di kelas masing-masing termasuk download presensi .

            Demikian tadi perjuangan guru untuk bisa melaksanakan pembelajaran daring dengan lancar  serta  dituntut bekerja secara professional dalam melayani masyarakat. Hal tersebut juga digunakan sebagai penepis anggapan masyarakat bahwa guru makan gaji buta. Padahal kenyataannya berbalik  dengan apa yang dikatakan masyarakat.  Saat pelaksanaan daring, guru betul-betul dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan sangat profesional dan tidak buta dengan IT atau media informatika.

            Dari kenyataan diatas bahwa guru  sudah melaksanakan empat kompetensi yang  mereka lakukan seiring berjalannya perkembangan dunia terutama dunia digital dalam  kondisi pandemik covid-19.  Perjuangan  guru yang luar biasa untuk mewujudkan  tujuan pendidikan.

            Sekali lagi Microsoft office 365 memberikan banyak kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran daring maka guru menggunakan aplikasi tersebut untuk mencapai keefektifan , dengan menggunakan aplikasi Microsoft office 365 dan  perjuangan yang besar dari semua pihak yang terkait , sehingga pembelajaran daring  bisa berjalan dengan lancar sampai saat ini.

FEBTRININGSIH,S.Pd

SMP NEGERI 22 SURAKARTA