GROBOGAN – IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP yang memadukan (integrated) konsep geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. IPSmemiliki kontribusi terhadap pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) peserta didik untuk menghadapi tantangan global pada abad 21. Sebagai bagian dari masyarakat dunia, peserta didik harus memahami lingkungan dan masyarakat secara lokal, nasional dan global, menyadari keragaman budaya (multikultur), mengembangkan keterampilan sosial dan menguasai perkembangan teknologi.
Kenyataannyadalam pembelajaran dijumpai di kelas selama ini adalah pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) yang meletakkan guru sebagai pemberi pengetahuan bagi peserta didik, dan cara penyampaian pengetahuannya cenderung masih didominasi dengan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah tersebut menyebabkan partisipasi rendah, kemajuan peserta didik, perhatian dan minat peserta didik tidak dapat dipantau. Walaupun demikian, bukan berarti metode ceramah tidak cocok digunakan untuk pembelajaran IPS. Agar pelajaran IPS tidak membosankan dan hasil belajar yang diperoleh dapat menjadi lebih baik, perlu dicoba pembelajaran yang menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan model pembelajaran laindengan cara yangtepatmakamateriakan lebihmudah dipahami siswa.
Ketercapaian tujuan pembelajaran IPSdapatdilihatdari hasilbelajar yangdicapaipeserta didik untuk mencapaiketuntasanbelajar yang dapatdilihat dari nilaihasil belajaryang diperoleh selama mengikutiprosespembelajaran. Peserta didik dikatakan tuntas, apabila skor hasilbelajar IPS peserta didik mencapai KriteriaKetuntasan Minimal ( KKM) (Permendiknas No. 20 Tahun 2007). Olehkarenaitu,setiappeserta didik disetiap jenjang pendidikannyaharusmencapai KKMyangtelah ditetapkan sekolah..
Model pembelajaranQuestion Student Have(QSH) Lehawir (2010:10). Model pembelajaranQuestion Student Have (QSH ) merupakan suatu strategi yang menuntut peserta didik bertanya dalam bentuk tulisan. Pertanyaan adalah stimulus yang mendorong peserta didik untuk berpikir dan belajar dengan membuat pertanyaan yang mendorong peserta didik untuk berpikir dalam memecahkan masalah suatu masalah , dan memberi waktuuntuk berfikirdan merespon serta saling bantu satu sama lainyang juga menarik perhatian peserta didik dalam belajar. Model inimampu menumbuhkan ide- ide siswasehinggamampumerespon pertanyaanyang diajukan.Pembelajaran Kooperatif model Question Student Have ( QSH )ini relatif lebihsederhanadan mampumelatih peerta didik untuk beraniberpendapatserta menghargaipendapatteman.
Dra Asna Isnuari
Guru SMP Negeri 1 Penawangan,Kabupaten Grobongan