Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Mengenal Dunia dengan Aplikasi Seterra

Mengenal Dunia dengan Aplikasi Seterra

96
Siti Alfiah, S.Pd. Guru SD Negeri Sruwohrejo, Kab. Purworejo
Siti Alfiah, S.Pd. Guru SD Negeri Sruwohrejo, Kab. Purworejo

Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga komponen penting yang sangat memengaruhi hasil belajar siswa antara lain meliputi siswa, guru, dan materi yang dipelajari. Materi pembelajaran yang ada di kelas tinggi lebih kompleks jika dibandingkan dengan materi pembelajaran di kelas rendah. Hal ini sering kali menjadi kendala tersendiri bagi guru maupun siswa dalam mempelajari materi tersebut. Materi-materi yang ada di kelas enam terutama, jika kita hanya mengandalkan buku teks saja dalam pembelajaran nyaris tidak mungkin untuk dapat menguasai materi sepenuhnya, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan pun sulit tercapai.

Salah satu materi pembelajaran kelas enam yang dinilai sulit adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dipelajari di kelas VI (enam) sangatlah luas karena sudah menyangkut wilayah dunia. Terkait masalah geografi terutama, selama ini guru dan siswa cenderung mempelajari menggunakan globe, peta, maupun atlas. Padahal, seperti yang kita ketahui, bahwa dalam materi dunia tersebut tidak hanya dituntut untuk mengenal wilayah (benua), nama negara, dan ibu kota saja tetapi juga harus menguasai hal-hal yang berhubungan dengan negara-negara tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah dalam mempelajari materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terkait dengan geografi terutama tentang letak negara, kota-kota di dunia, ibukota negara, ciri khas geografi, dan bendera kita dapat memanfaatkan aplikasi seterra yang dikemas dalam game/kuis. Dengan game ini dapat diketahui perbandingan jawaban benar dan salah dalam menjawab dan langsung terlihat hasilnya. Meskipun demikian, dalam pembelajaran kita dapat melaksanakan secara berkelompok, bergantian dan langsung menghubungkan pada LCD sehingga semua siswa dapat menyimak dan mengoreksi jawaban teman yang maju sehingga lebih bisa mengingat letak kesalahan dan jawaban yang seharusnya karena seperti kita ketahui bahwa untuk menghafal negara dan kota-kota di dunia bukan pekerjaan yang mudah.

Dalam menjalankan permainan ini, langkah pertama kita bisa memilih benua terlebih dahulu, kemudian kita pilih sesuai materi yang akan dipelajari. Saat permainan dimulai, kita harus mengikuti perintah. Selanjutnya kita bisa melihat nilai kita dalam persen. Setelah game berakhir, game akan mencatat nilai kita. Nilai ini akan diupdate saat kita dapat menambah skor ketika memainkan permainan dengan pilihan negara yang sama sehingga kita bisa memantau perkembangan kita apakah bertambah baik atau belum. Adapun kelebihan dari game ini adalah sangat adiktif karena permainannya menyenangkan, sederhana, dan mudah dimengerti, sedangkan kekurangannya adalah kurang interaktif bagi anak dan tampilannya terlalu sederhana.

Pemilihan penggunaan aplikasi seterra dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri Sruwohrejo khususnya kelas enam, diharapkan lebih efektif jika dibandingkan dengan cara menghafal yang cenderung membuat anak cepat bosan dan kurang tertarik untuk mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang selama ini identik dengan sebutan mata pelajaran “hafalan”. Dengan demikian materi pelajaran pun terasa lebih mudah dipelajari dan belajar geografi menjadi lebih menyenangkan. Selain itu aplikasi seterra beupa aplikasi offline sehingga pemanfaatannya pun lebih mudah dan bisa digunakan untuk belajar sendiri oleh siswa di rumah.

Siti Alfiah, S.Pd.
Guru SD Negeri Sruwohrejo, Kab. Purworejo