JATENGPOS.CO.ID, – Kelancaran siswa dalam membaca adalah tolok ukur keberhasilan dari seorang guru dalam mengajar dikelas,terutama untuk guru-guru dikelas bawah. Keharusan untuk lancar dalam membaca adalah salah satu kewajiban atau hal pokok bagi seorang siswa untuk dapat naik ke kelas di atasnya. Akan tetapi kita sebagai seorang guru juga tidak bisa memaksakan. Karena hal tersebut dapat dengan mudah dicapai oleh semua siswa. Kita juga mengerti bahwa setiap siswa juga memiliki kemampuan yang berbeda. Ada siswa yang dapat dengan mudah membaca ,bahkan ketika mereka masih duduk dikelas satu. Akan tetapi di sisi lain banyak juga siswa yang sampai duduk di kelas lima sekalipun masih terbata – bata dalam membaca.
Permasalahan seperti inilah yang sering kami temui,terutama bagi kami guru-guru di daerah pedesaan,mengingat banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.antara lain kurangnya minat baca seorang siswa, kepedulian orang tua terhadap siswa,metode yang digunakan seorang guru dalam mengajar di kelas,dan masih banyak lagi faktor yang lainya.Dan disini kami sebagai penulis akan membahas salah satu faktor tersebut yaitu metode yang digunakan seorang guru agar siswa siswinya dapat lancar dalam membaca.
Banyak sekali metode yang sebenarnya bisa kita pakai dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas baca seorang siswa.Namun disini kami sebagai penulis akan memberikan salah satu metode dimana kami sendiri menerapkanya dalam pengajaran dikelas.Metode tersebut adalah Membaca Nyaring Bersama-sama,dimana setelah kami terapkan didalam pembelajaran dikelas ternyata metode ini memberikan efek yang signifikan terhadap kemajuan seorang siswa dalam kelancaranya membaca.Selain itu metode ini juga sangat praktis dan efektif untuk kita terapkan pada pembelajaran,kenapa demikian?karena lewat metode ini kita dapat meningkatkan kelancaran siswa dalam membaca sekaligus efisien dalam hal waktu,karena metode ini bisa kita terapkan kapan saja selama dalam materi pembelajaran ada unsur bacaan didalamnya.
Manfaat yang lain dari metode ini adalah membentuk kerjasama antar siswa didalam kelas.Dimana siswa yang sudah lancar dalam membaca secara tidak langsung dapat membantu atau menuntun teman-temanya yang masih belum lancar dalam membaca. Dari aspek psikologis siswa metode ini juga sangat membantu dalam kaitanya dengan pembentukan kepercayaan diri pada siswa. Hal tersebut berperan saat mereka membaca dengan bersama-sama dan lantang maka secara tidak langsung telah mendidik mereka untuk terbiasa mengeluarkan suara mereka di depan umum.
Sehingga apabila suatu saat nanti mereka tampil didepan umum maka mereka tidak perlu lagi segan atau canggung untuk mengeluarkan suara lantang mereka.Ada juga manfaat yang tak kalah pentingnya,yaitu menumbuhkan pembelajaran yang ceria didalam kelas,sehingga dapat menghindarkan siswa dari rasa bosan didalam kelas.Karena pada dasarnya suatu pembelajaran akan dianggap berhasil apabila siswa dengan sendirinya merasa betah didalam kelas,yang otomatis siswa akan merasa senang menerima materi yang kita sampaikan.Dari perasaan senang itulah pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang kita sampaikan akan lebih terbentuk.
Demikian tadi sepenggal penjelasan kami sebagai penulis mengenai metode membaca nyaring secara bersama-sama sebagai solusi dari susahnya kelancaran anak dalam membaca.Semoga tulisan kami ini bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan kita saat ini.Terutama dalam hal mencerdaskan anak – anak penerus generasi bangsa.sehingga nantinya kita tidak lagi menemukan anak – anak yang mengalami kesusahan dalam hal membaca,mengingat betapa pentingnya manfaat daripada membaca dalam kehidupan kita.
Yuhartati,S.Pd.SD.
Guru SD Negeri 1 Pesantren
Kec. Wanayasa Kab.Banjarnegara