Mutu pendidikan dapat ditingkatkan melalui perubahan pola pikir. Pola pikir sebagai landasan pelaksanaan kurikulum. Pada masa lalu, proses belajar mengajar berfokus pada guru. Kegiatan belajar mengajar lebih menekankan pada pengajaran daripada pembelajaran. Maka tugas guru membuat proses pembelajaran berlangsung efektif, efisien dan menyenangkan khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Selama ini proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Gubug kelas VIII A hanya berpusat pada guru. Guru kurang bisa melibatkan siswa secara langsung. Siswa hanya mendengarkan ceramah atau mendengarkan penjelasan dari guru saja. Komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Hal ini berakibat pada menurunnya minat siswa dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi sangat menarik apabila guru mampu merancang pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung. Pemanfaatan metode dan media seharusnya menjadi bagian yang terpisahkan dari proses belajar mengajar.
Metode yang dapat diterapkan pada pembelajaran menulis teks ulasan di SMP N 2 Gubug kelas VIII A salah satunya adalah metode Mind Mapping. Metode Mind Mapping (peta konsep) sangat cocok untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis teks ulasan. Siswa maupun guru dapat membuat dan berbagi peta konsep atau membuat suatu rumusan tentang topik yang dipelajari agar tercipta berbagai pengertian atau pemahaman tentang topik. Pada materi ini siswa dituntut untuk menguasai materi yang didapatkan pada kelompoknya sendiri-sendiri. Interaksi dan komunikasi antar siswa terjalin dengan maksimal. Siswa akan aktif dalam mengikuti pelajaran.
Metode Mind Mapping dipilih sebagai solusi dalam metode pembelajaran teks ulasan karena dilihat dari keunggulan. Penggunaan metode ini dapat mengaktifkan seluruh otak sehingga siswa kreatif. Siswa dapat lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran. Metode ini membantu menunjukkan hubungan antara bagian-bagian informasi yang saling terpisah. Siswa tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran.
Metode Mind Mapping dalam pembelajaran teks ulasan di SMP N 2 Gubug kelas VIII A dapat mempermudah memasukkan informasi dari dalam otak. Konsep ini didasarkan pada kerja otak dalam menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang bercabang-cabang.
Penggunaan metode Mind Mapping di SMP N 2 Gubug kelas VIII A dalam belajar teks ulasan siswa dapat menulis teks ulasan suatu karya dengan baik dan benar. Siswa dapat menulis struktur teks ulasan. Siswa dapat memberi kesimpulan terhadap ulasan suatu karya. Siswa dapat mengemukakan pendapat secara bebas. Siswa dapat bekerjasama dengan teman yang lainnya. Catatan yang ditulis lebih padat dan jelas, sehingga siswa lebih mudah mencari catatan jika diperlukan. Siswa lebih mudah melihat gambaran keseluruhan.
Dengan demikian, penggunaan metode Mind Mapping telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMP N 2 Gubug kelas VIII A pada materi teks ulasan semester 2 tahun 2019/2020.
Ulfatin Nadhiroh, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia
SMP Negeri 2 Gubug, Kabupaten Grobogan