Seniman Manca Buka Borobudur International Arts and Performance Festival

Kepala Pemasaran Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Alamsyah.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sebanyak 100 obor di area Lumbini dan penyalaan lampu stupa Candi Borobudur akan memeriahkan Pembukaan Borobudur International Arts and Performance Festival di kompleks Candi Borobudur yang diadakan 6-8 Juli 2018.

Atraksi Lighting dan pesta kembang api, serta tarian massal akan diikuti seniman Jawa Tengah, luar Jateng, dan mancanegara. Kepala Pemasaran Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Alamsyah‎ mengatakan, pada hari pertama, akan hadir seniman dari Sanggar Kinara-Kinari, seniman Banyumas, dan pagelaran musik etnik. “Seniman dari mancanegara akan hadir Dora dari Hongaria, dan Christian dari Costa Rica,” jelasnya.

Selama tiga hari pelaksanaan pagelaran seni internasional tersebut, ditargetkan lebih dari 10.000 wisatawan domestik dan mancanegara akan menyaksikan pertunjukan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan devisa negara di sektor pariwisata. Selain itu, kegiatan yang kini digelar setahun sekali akan menjadi salah satu kalender event wisata tingkat dunia.

Baca juga:  Pemkot Siapkan Turun Untuk Relokasi Warga Meteseh

Prosesi pembukaan Borobudur International Arts and Performance Festival 2018 yang digelar pukul 19.30 diawali arak-arakan di area panggung pertunjukan dengandiiringi penampilan Pesona Nusantara dan Sanggar Kinara-Kinari.

iklan

Setelah itu, menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan doa. Dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata. Pembukaan Borobudur International Arts and Performance Festival 2018 ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Menteri Pariwisata.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan kegiatan awal pameran wisata unggulan dari berbagai daerah. Pertunjukan seni diakhiri pada pukul 22.30 WIB dengan menampilkan seniman dari Jawa Tengah dan luar Provinsi Jawa Tengah yang dilanjutkan oleh Estefania Pifano asal Venezuela.  Hadir juga Dolly Nofer, seniman Padang Panjang, dan Juniro Sitongan, seniman Tapanuli, akan menunjukkan aksinya pada pegelaran hari kedua.

Baca juga:  Kemenpar Harap ASET BBDF Mampu Menyaingi Event Bawah Laut Internasional 

Di hari terahkir, Borobudur World Music menutup rangkaian festival seni budaya tersebut. Seniman dari Jawa Tengah membuka pegelaran pada hari terakhir yang dilanjutkan oleh sajian pertujukan dari dua seniman luar Provinsi Jawa Tengah. Sean Hayward musisi asal Amerika Serikat dan Agniezka Uzma musisi asal Polandia melanjutkan performance pagelaran di hari ketiga yang diteruskan tarian penutup oleh penari luar Provisi Jawa Tengah. (drh)

 

iklan