JATENGPOS.CO.ID, Vocabulary atau kosa kata merupakan hal penting dalam belajar bahasa Inggris. Jika seseorang memiliki masalah dengan kosakatanya, secara langsung akan mempengaruhi keberhasilannya dalam mempelajari materi bahasa Inggris.Itumemberiefek pada pencapaian bahasa Inggris mereka di akhir pembelajaran. Anak akan kesulitan kalau harus menghafal kata demi kata di dalam kosakata itu.Oleh karena itu diperlukan cara yang mudah dan menyenangkan agar selain anak menyukai gaya belajar yang fun juga anak dangan mudah mengingat kosa kata ke dalam memori mereka.
Beberapa teknik pembelajaran dilakukan oleh pendidik khususnya guru Bahasa Inggri suntuk mengelola agar peserta didik mudah untuk mengingat vocabulary. Salah satu cara agar anak lebih mudah mengingat vocabulary adalah dengan permainan online yaitu lewat games online kahoot .Sebenarnya banyak permainan lainnya sebagai sarana untuk mengingat vocabulary dengan mudah. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, maka diharapkan dengan games online kahoot mampu menjawab kesulitan anak dalam mengingat kosa kata di dalam memori mereka.
Seperti permainan yang lainnya, games online kahoot juga bertujuan untuk lebih memudahkan anak dalam proses belajar khususnya untuk mengingat kosa kata atau vocabulary. Dalam era globalisasi penggunaan teknologi informasi merupakan keharusan, apabila tidak ingin ketinggalan dengan yang lain. Dalam hal penguasaan mengingat vocabulary, pembelajaran bahasa Inggris harus dirancang, selain menyenangkan juga memudahkan peserta didik untuk mengingat kosa kata itu.Games Kahoot adalah salah satu permainan pembelajaran yang menyenangkan untuk menjawab kesulitan mengingat kosa kata tersebut.Kahoot selain menyenangkan juga menambah kemampuan anak menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
Adapun manfaat dari games online kahoo tini selain peserta didik diharapkan lebih mudah untuk mengingat kosa kata juga diharapkan peserta didik untuk lebih menguasai teknologi informasi dan komunikasi karena permainan kahoot berbasis pada penggunaan internet, sehingga secara langsung peserta didik selain berusaha untuk mengingat vocabulary juga berusaha belajar teknologi informasi.
Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis permainan, yang digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Kahoot ini diluncurkan pada Agustus 2013 di Norwegia. Permainan pembelajarannya, kahoot adalah kuis pilihan ganda yang memungkinkan pengguna dapat mengakses melalui web browser..
Kahoot dapat digunakan untuk meninjau pengetahuan siswa, untuk penilaian formatif, atau sebagai ice breaking dari kegiatan di dalam kelas. Ice breaking adalah padanan dua kata bahasa Inggris yang mempunyai arti “memecah es”. Istilah ini sering diganakan pada pelatihan-pelatihan atau workshop yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan dan kebekuan diantara peserta pelatihan, sehingga peserta pelatihan saling mengenal, mengerti dan berinteraksi dengan baik diantara satu dengan yang lainnya.
Penggunaan games kahoot sangat mudah dan sederhana. Kahoot dirancang untuk pembelajaran, dimana peserta didik menghadap layar monitor seperti proyektor atau monitor komputer. Desain games ini para pemain atau peserta didik diminta untuk mencari jawaban dari handphone atau perangkat lainya seperti laptop mereka yang terhubung ke internet. Permainannya sederhana, semua pemain menggunakan perangkat (handphone / laptop) untuk menjawab pertanyaan yang dibuat oleh seorang guru sebagai adminnya. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat diubah menjadi poin penghargaan. Poin kemudian muncul di papan peringkat setelah setiap pertanyaan.
Dengan games Kahoot peserta didik dengan mudah dapat mengingat vocabulary yang selama ini menjadi masalah dalam mengingatnya. Karena dengan suasana yang enjoy, peserta didik akan lebih nyaman dan senang dalam melakukan pembelajaran khususnya mengingat kosa kata Bahasa Inggris.
Isbandiyo, S.Pd., M.Kom
Guru SMP Negeri 1 Gondang, Sragen, Jawa Tengah