Mata pelajaran desain dianggap “agak” sebelah mata oleh sebagian orang dalam kalangan sekolah kelompok pariwisata jurusan busana, dibandingkan mata pelajaran menjahit. Banyak anggapan dalam bidang busana yang terpenting adalah bisa menjahit dengan baik, sebenarnya disain berperan sangat penting terwujudnya busana. Sebelum membuat benda seseorang harus membuat rancangan (desain) terlebih dahulu, dengan menyusun rapih rancangan tersebut bisa mempermudah proses pembuatan produk.
Terkait seperti hal diatas, siswa di SMK Negeri 1 Tegal saat kelas X awal masuk kelas ditanya tentang cita-citanya, hampir seluruh siswa menjawab ingin jadi disainer, tetapi terkait dengan berbagai pelajaran dan tugas menggambar disain yang harus dikerjakan juga anggapan serta arah berfikirnya yang mulai berbeda, menjadikan cita-cita mereka berubah, hanya beberapa siswa saja yang bertahan dengan cita-cita menjadi disainer, hal ini dapat mempengaruhi minat mereka dalam mempelajari desain.
Disain merupakan karya seni yang penciptanya juga harus memiliki berbagai ide kreatif dan menarik sehingga dapat tercipta suatu desain busana yang baru dan berbeda dengan desain yang sudah ada sebelumnya. Inspirasi yang didapat bisa dari berbagai referensi media cetak maupun elektronik yang bisa dikumpulkan jadi satu dalam bentuk kolase moodboard. Hasil yang di peroleh dengan kurangnya semangat, minat juga daya kreasi yang rendah akan menampakkan karya seni yang monoton dan kurang out of the box, hal ini sebagai tantangan tersendiri bagi kami guru mata pelajaran desain. Sebagai guru harus bisa membuat sesuatu pelajaran yang terlihat kurang diminati bagi siswa menjadi menarik dan menyenangkan.
Musik dapat membangkitkan semangat belajar serta menjadikan pembelajaran lebih rileks dalam mengikuti pembelajaran. (witriyuliyani.blogspot.com). Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat anda mendengarkan musik. Pasalnya, sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak (kiri dan kanan) dan mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Singkatnya, mendengarkan musik sambil belajar bisa memperbaiki suasana hati dan terkait dengan peningkatan kemampuan.
Awalnya kami mencoba di suatu kelas dalam mata pelajaran praktik disain busana dengan memperdengarkan musik. Setelah materi teori kita paparkan dengan terperinci, serta tanya jawab dengan siswa terhadap pemahaman materi tersebut dan dirasa siswa sudah siap melaksanakan praktik menggambar disain, maka kami memperdengarkan musik dikelas itu dengan speaker aktif. Pengaturan volume music disesuaikan untuk kelas tersebut, tidak sampai mengganggu ke kelas lainya. Siswa mengerjakan tugas menggambar sambil melaksanakan bimbingan konsultasi kepada guru, jika menemui kesulitan atau bertanya bertanya tentang model dan sebagainya. Genre musik yang diperdengarkan disesuaikan dengan request siswa, asalkan kita sebagai guru bisa membatasi musik yang sekiranya cocok untuk usia siswa.
Dari pengamatan kami siswa lebih merasa enjoy dan senang bahkan tidak jarang mereka menggambar sambil bernyanyi bersama. Suasana kelas lebih terlihat hidup dan menyenangkan, hal itu tentu saja berpengaruh terhadap hasil karya disain yang mereka ciptakan tidak dibawah tekanan sebagai tugas, tapi mereka merasa menikmatinya. Pengaruh yang kami rasakan sangat bagus dapat meningkatkan kreatifitas dan daya cipta siswa yang lebih imajinatif dan kreatif. Mungkin hal ini bisa juga diterapkan pada pelajaran praktik yang lainya.
Ada beberapa kendala yang kami alami dalam pelaksanaan, salah satunya jika ada siswa yang lambat mengerjakan tugas bahkan malas, itu akan menjadikan kita perlu mengawasi dan membimbingnya secara lebih ekstra karena tak jarang mereka mempergunakan kesempatan tersebut sebagai waktu yang santai untuk sedikit bermalas malasan. Tentunya sebagai guru kita harus tetap mengawasi dengan teliti, sehingga hasil yang kita harapkan akan tercapai dengan maksimal, karena memang yang kami rasakan dengan musik dapat meningkatkan kreatifitas menggambar disain dengan menghasilkan karya disain yang lebih kreatif dan CUCCOK!.
SANDY SASMUTI, S.Pd
Guru Disain Busana
SMK Negeri 1 Tegal