Pelajaran Matematika sering membuat siswa ketakutan dan malas untuk mengikutinya, siswa menganggap Matematika adalah pelajaran yang sulit, karena Matematika bersifat abstrak memuat banyak rumus dan hitungan yang rumit. Salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Semarang adalah materi Bangun Ruang Sisi Lengkung yang membahas mengenai Tabung, Kerucut dan Bola. Materi ini masuk dalam salah satu cabang Matematika yaitu Geometri.
Seperti dikutip dari wikipedia pengertian Geometri adalah merupakan cabang matematika yang bersangkutan dengan pertanyaan bentuk, ukuran, posisi relatif gambar, dan sifat ruang. Pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung ini siswa dituntut untuk menguasai konsep, rumus volum dan rumus luas permukaan dari Tabung, Kerucut dan Bola. Menurut Priyo (2011:198) pemahaman yang tidak mantap akan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal. Usaha untuk membuat pemahaman siswa menjadi mantap, penulis menggunakan media pembelajaran yang mengkondisikan siswa menjadi lebih aktif dan tidak membosankan.
Media yang digunakan adalah software Matematika, salah satunya adalah Cabri 3D. Software ini siap dimanfaatkan untuk membantu pemahaman siswa dalam mempelajari Matematika khususnya Geometri. Cabri 3D merupakan software geometri interaktif yang mampu menyajikan objek geometri dengan baik dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, sehingga membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajari geometri. Software Cabri 3D dapat diunduh di website secara gratis, kemudian dipasang di computer atau laptop dan siap digunakan. Siswa dapat mengeksplorasi Cabri 3D ini dengan mudah.
Penggunaan Cabri 3D pada pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX H SMP Negeri 2 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Persiapan pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada pertemuan sebelumnya, siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing terdiri dari 4 orang, kemudian tiap kelompok diminta untuk membawa sebuah laptop yang sudah diinstall dengan software Cabri 3D, sehingga pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung waktu tidak habis untuk membagi kelompok dan menginstall software. Pada saat pembelajaran berlangsung tiap kelompok diberikan lembar kerja siswa Dalam lembar kerja siswa tersebut siswa diminta membuat bangun berbentuk Tabung, Kerucut dan bola dengan ukuran yang sudah ditentukan dengan menggunakan software Cabri 3D.
Kemudian siswa diminta untuk menghitung volum dan luas permukaan masing-masing bangun dengan cara dihitung manual, lalu siswa diminta untuk membandingkan hasilnya dengan hasil pada Cabri 3D. Siswa akan merasa senang apabila hasil perhitungan secara manual cocok dengan hasil pada Cabri 3D, apabila tidak cocok siswa akan mengulang hasil perhitungan manualnya sampai menemukan hasil yang sama dengan hasil pada software. Untuk selanjutnya siswa juga diminta untuk menyimpulkan perbandingan volum dan luas permukaan bangun, apabila ukuran jari-jari atau tinggi diubah. Pada saat pembelajaran siswa tampak senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, terutama ketika mereka diminta untuk membuat kombinasi bentuk-bentuk bangun sesuai dengan kreatifitas mereka. Dengan demikan karakter siswa yaitu rasa ingin tahu, teliti dan kreatif ditumbuhkan dalam pembelajaran yang menggunakan Cabri 3D ini.
Setelah diadakan ulangan harian dengan materi Bangun Ruang Sisi Lengkung, ternyata hasilnya meningkat, hal ini menunjukkan bahwa materi ini menjadi materi yang tidak sulit lagi bagi siswa. Dengan demikian menggunakan software Cabri 3D dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Indriana Yulandari, S.Pd.
Guru Matematika SMP Negeri 2 Semarang