Conthimachi Tingkatkan Keterampilan Speaking Deskriptive Text

Rini Priyanti,S.Pd Guru Bahasa Inggris SMPN 11 Tegal
Rini Priyanti,S.Pd Guru Bahasa Inggris SMPN 11 Tegal

Speaking, salah satu unsur keterampilan berbahasa Inggris yang mutlak harus dikuasai siswa untuk menghadapi era globalisasi. Seorang anggota masyarakat yang tidak menguasai bahasa, maka dia akan tertinggal dan mudah dibodohi. Untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam ketrampilan speaking, guru bahasa Inggris dituntut melakukan terobosan baru agar kompetensi siswanya meningkat.

Kemampuan speaking siswa kelas 7 SMPN 11 Tegal cenderung rendah, nilai rata rata pada ulangan harian menunjukan kurang dari KKM yang seharusnya 67 tetapi hanya memperoleh 5.5. Melihat kenyataan yang ada, penulis tergerak hati untuk dapat meningkatkan kompetensi speaking tersebut dengan cara memadukan beberapa model pembelajaran. Penulis menggunakan nama CONTHIMACHI akronim dari Contextual, Thinks Makes Phairs,and Making Circle.

Baca juga:  Metode DTT Tingkatkan Belajar Anak

Contextual, berupa konsep belajar yang menghubungkan antara materi dan situasi nyata. Thinks Pairs, siswa berdiskusi dan berlatih speaking berpasangan dan di ujung pembelajaran mereka keluar kelas membentuk lingkaran kecil berada di dalam lingkaran besar dan mereka saling berhadapan dan berlatih speaking . Untuk berganti pasangan maka lingkaran besar bisa bergeser ke arah kanan searah jarum jam.

Pada KD 3.7 mapel B.Inggris kelas 7 c SMPN 11 Tegal semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, materi speaking Descritive text, penulis memakai model pembelajaran Conthimaci, yang menyuguhkan pembelajaran berbeda dari biasanya, anak merasa senang berada di luar kelas dan dalam situasi yang real dibarengi pembelajarn sambil bermain dengan membentuk lingkaran. Setelah melalui proses pembelajaran model Conthimachi ,penulis melihat meningkatnya antusias siswa dalam melakukan peaking sehingga mendapatkan nilai nilai 7,7. Hal ini menunjukan siswa memperoleh nilai di atas KKM.

iklan
Baca juga:  Menulis Recount Text Gunakan Teknik Picture Series

Simpulan yang dapat diambil bahwa penggunaan model pembelajaran Conthimachi dapat meningkatkan ketrampilan speaking peserta didik baik secara individu maupun kelompok. Secara individu , peserta didik mempunyai keberanian menyampaikan ide dan gagasan dengan peserta didik yang lain dan mempertajam daya ingat, karena mereka sudah melewati berbagai model pembelajaran yang bervariasi . Sedangkan secara kelompok, peserta didik terlatih untuk saling bekerja sama dan saling menghargai. Model pembelajaran Conthimaci memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan hasil belajar materi speaking Descriptive text dan materi yang lain, karena pembelajaran dengan memakai model Cothimaci secara tak sadar sudah memakai tiga model pembelajaran sekaligus. Dengan model pembelajaran yang bervariasi ,peserta didik akan lebih termotivasi belajar Bahasa Inggris, terutama dalam materi speaking.

Rini Priyanti,S.Pd
Guru Bahasa Inggris SMPN 11 Tegal

Baca juga:  Outdoor Study Pulihkan Motivasi Belajar IPA Masa Pandemi
iklan