Jam Analog Tingkatkan Kemampuan Menentukan Tanda Waktu

Winarti,S.Pd.

Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak disukai oleh  kebanyakan siswa. Siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, rumit, dan menjenuhkan. Apalagi dalam pembelajaran, guru menyampaikan materi secara konvensional, tanpa ada media atau alat peraga pembelajaran. Sehingga siswa dipaksa untuk berpikir abstrak.

Dalam pembelajaran kelas 2 di SD Negeri Pengkol 01 materi menentukan tanda waktu, banyak siswa yang masih bingung membaca tanda waktu dan meletakkan jarum panjang serta jarum pendek dengan tepat. Guru harus berinovatif agar pembelajaran maksimal dan siswa dapat menyerap serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan tanda waktu. Oleh karena itu guru harus memilih media yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Media pembelajaran yang tepat akan meningkatkan motivasi dan bisa memberikan pengalaman yang konkret kepada siswa. Media memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Media mampu membantu guru dalam mengungkapkan pesan yang akan disampaikan kepada siswa. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa, terutama materi pembelajaran yang rumit dan komplek. Fungsi dan peranan media pembelajaran yaitu (1) menangkap suatu obyek atau peristiwa – peristiwa tertentu, (2)memanipulasi keadaan, peristiwa, atau obyek tertentu, (3) menambah gairah dan motivasi belajar siswa. Dari beberapa fungsi di atas media memiliki fungsi yang jelas yaitu memperjelas, memudahkan dan membuat menarik pesan kurikulum yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa sehingga dapat memotivasi belajar siswa (Sutrisno,2008 : 51). Sedangkan menurut Arsyad (2015:10), Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang tercapainya kompetensi pembelajaran yang maksimal.

Media pembelajaran yang tepat untuk materi menentukan tanda waktu adalah dengan menggunakan jam analog. Guru berinovatif membuat jam analog dengan kreasi sendiri. Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana, antara lain: kardus, kertas karton  warna, spidol, gunting, penggaris, selotip, dan jarum pentul. Cara pembuatannya mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Cara menggunakan jam analog yaitu jarum pendek menunjukkan jam, jarum panjang menunjukkan menit, dan jarum panjang kecil menunjukkan detik.

Jam analog yang sudah jadi digunakan untuk pembelajaran menentukan tanda waktu di kelas. Siswa lebih aktif dan antusias mengikuti pembelajaran. Guru memberikan contoh cara menngunakan jam analog dengan tepat. Misalnya pukul 08.00 guru meletakkan jarum pendek di angka 8 dan jarum panjang di angka 12. Guru mengulangi contoh beberapa kali agar siswa lebih jelas. Dengan media jam analog, siswa dapat secara langsung praktik dan mendapatkan pengalaman yang lebih berharga dalam menentukan tanda waktu. Untuk lebih memperjelas pengetahuan siswa, guru bisa melakukan tanya jawab tentang kegiatan yang berhubungan dengan waktu. Kemudian siswa bisa mempresentasikan ke depan kelas dan bisa menentukan tanda waktu melalui jam analog dengan menggeser jarum pendek dan jarum panjang dengan tepat.

Penggunaan media pembelajaran jam analog efektif digunakan untuk materi menentukan tanda waktu.. Pemilihan media yang tepat memiliki dampak besar terhadap kemampuan dan keterampilan siswa. Media yang inovatif menjadikan pembelajaran lebih  efektif, kreatif dan menyenangkan. Pengetahuan siswa yang sudah terbangun dengan kuat, akan memudahkan siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari yang berkaitan dengan waktu.

 

Oleh:

Winarti,S.Pd.

SD Negeri Pengkol 01, Nguter, Sukoharjo