JATENGPOS.CO.ID, – Pendidikan merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk membimbing peserta didiknya agar dapat mengembangkan segala potensi yang ada di dalam dirinya. Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah guru dituntut untuk memiliki kemampuan merancang dan menggunakan model pembelajaran yang efektif sehingga menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan lebih cepat dalam memahami materi pelajaran (Muhibbin, 2010:12)
Motode pembelajaran memegang peranan yang penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, akan terhindar dari pembelajaran yang terkesan membosankan. Dan salah satu metode pembelajaran yang bisa dipilih dari sekian metode pembelajaran yang ada, yaitu metode pembelajaran luar kelas atau di alam terbuka.
Pembelajaran IPA yang baik harus mengaitkan meteri dengan kehidupan sehari-hari siswa (Usman, 2011:3). Proses pembelajaran IPA di SMP N 2 Sambungmacan Sragen Kelas VIII sebagain besar dilaksanakan di ruang kelas, sehingga menjadikan siswa jenuh dan kurang memahami materi yang diajarkan karna tidak bersentuhan atau berhadapan langsung dengan objek yang nyata. Penggunaan sumber media belajar di alam terbuka akan memperbanyak pengalaman belajar siswa, sehingga membuat siswa menjadi tidak bosan dan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa. Dan menjadikan siswa lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya
Penggunaan metode belajar di alam terbuka merupakan suatu terobosan untuk menjadikan siswa mampu mengaplikasikan nila-nilai IPA yang terwujud pada kecintaan terhadap lingkungan dan alam sekitarnya. Lingkungan yang ada di sekitar siswa merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas bagi siswa.
Menurut Darmodjo dan Kaligis ada beberapa alasan yang menjadikan lingkungan itu sangat penting dalam interaksi belajar mengajar, yaitu sebagai berikut.
- Lingkungan alam sekitar merupakan salah satu sasaran dalam proses pembelajaran IPA, tujuannya agar anak dapat mengenal, mengetahui dan mempelajari alam sekitar. Jadi segala sesuatu yang ada di sekitar anak termasuk lingkungan merupakan objek belajar yang akan diajarkan kepada anak didik kita, atau dengan kata lain lingkungan merupakan sasaran belajar dalam mempelajari materi IPA
- Lingkungan alam sekitar merupakan sumber belajar yang sangat penting bagi siswa. Ada berbagai macam sumber belajar di lingkungan alam sekitar seperti kebun sekolah, apotik hidup, sungai dan sebagainya merupakan sumber belajar yang tidak habis-habisnya yang memberikan pengetahuan kepada kita.
- Lingkungan alam sekitar merupakan merupakan sarana dalam proses belajar mengajar. Lingkungan merupakan suatu cara belajar yang baik, lingkungan yang alamiah menyediakan bahanbahan yang tidak perlu dibeli, misal udara, cahanya matahari, pepohonan, air sungai, rerumputan dan sebagainya. Jadi lingkungan adalah suatu sarana belajar yang praktis dan ekonomis yang memudahkan kita untuk belajar
Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa, maka dapat memudahkan siswa menguasai konsep IPA karena siswa melakukan pengamatan pada situasi yang konkrit. Dampak positif dari pendekatan lingkungan yaitu siswa dapat terpacu sikap rasa keingin tahuannya tentang sesuatu yang ada dilingkungannya. Sehingga pembelajaran akan IPA lebih menarik karena peserta didik berhadapan langsung dengan objek nyata. Oleh karena itu pemanfaatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan meningkatkan kinerja para siswa dalam memahami materi IPA
Dra. Siti Khoiriyah
Guru SMP N 2 Sambungmacan Sragen