“Mini Vlog Challenge” Sarana Pembelajaran Penerapan Nilai – Nilai Dasar Pancasila

Materi pembelajaran nilai – nilai Pancasila merupakan salah satu kompetensi dasar dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). PPKn adalah sebuah mata pelajaran yang memiliki kontribusi  solusi atas berbagai krisis yang melanda Indonesia, termasuk pada masa pandemi ini. Secara umum tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah terbentuknya warga negara yang baik (good citizen) yang tentu saja berbeda menurut konteks negara yang bersangkutan (Winarno,2011). Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)  diharapkan agar Peserta didik memiliki pemahaman dan penghayatan atas  nilai – nilai  dasar Pancasila sebagai warga negara republik Indonesia,  membimbing peserta didik agar dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Masa pandemi memaksa pembelajaran yang awalnya sangat menyenangkan dengan bertatap muka di sekolah berubah menjadi di rumah total.  Banyak tantangan datang silih berganti yang harus dihadapi, namun pembelajaran harus tetap dilakukan. Dengan mempertimbangkan keadaan dan perkembangan situasi yang ada di wilayah Jepara, maka metode pembelajaran dengan menggunakan Mini Vlog Challenge dapat menjadi metode yang tepat dan menyenangkan bagi guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran nilai – nilai pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini.

Baca juga:  Kartu Domino Tingkatkan Pemahaman Bilangan Bulat

 Vlog yang merupakan singkatan dari Video Blogging merupakan perkembangan dari sebuah blog. Vlog adalah koleksi video mengenai film dokumenter, kehidupan audiovisual, dan sebagai wahana komunikasi serta interkasi di internet (Biel&perez, 2010). Sedangkan mini Vlog Challenge merupakan tantangan untuk membuat video dokumentasi mengenai suatu permasalahan dengan topik yang terbatas dan sederhana. Tujuan pembelajaran dengan mini vlog ini adalah peserta didik mampu membuat sebuah viedo sederhana yang berisi tentang pendapat peserta didik mengenai pengamalan – pengamalan terhadap nilai-nilai dasar dalam sila – sila Pancasila, selain itu peserta didik juga dapat menambahkan video tentang kepedulian mereka ataupun perilaku mereka dalam melakukan pengamalan terhadap nilai – nilai dasar dalam sila –sila Pancasila. Maka pola yang mengarah pada konstektual dan melalui konsep Mini Vlog Challenge merupakan media yang tepat untuk diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 1 Mlonggo tahun pelajaran 2021/2022 dalam materi meningkatkan penerapan nilai – nilai dasar Pancasila. Dalam materi ini siswa dituntut agar mampu menerapkan nilai – nilai dasar dalam setiap sila – sila Pancasila dalam kehidupan sehari – hari.

Baca juga:  GI Tingkatkan Kebersamaan dan Kemandirian Siswa

            Pembelajaran dengan menggunakan konsep Mini Vlog Challenge ini juga akan membuat peserta didik menjadi tertantang. Hal ini akan membuat siswa lebih senang dan exited dalam membuat video blog tersebut. Dengan konsep pembelajaran ini, peserta didik juga dapat mengasah kemampuan public speaking-nya. Selain itu konsep pebelajaran menggunakan Mini Vlog Challenge ini akan memudahkan guru dalam menilai karakter dan keterampilan siswa serta membuat guru lebih bersemangat karena bisa melihat seperti keadaan yang terjadi pada peserta didik secara langsung.

iklan

Keterlibatan langsung siswa terhadap upaya penerapan nilai – nilai dasar dalam sila – sila Pancasila menjadikan peserta didik memahami perannya dalam lingkungan, sehingga terwujud  kesadaran sebagai warga negara dan pada akhirnya dapat meningkatkan komitmen kebangsaan dari siswa. Melalui konsep pembelajaran dengan Mini Vlog Challenge ini peserta didik dapat menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan dan lingkungan mereka. Peserta didik yang lebih memehami kondisi dan lingkungan masing – masing akan mudah menentukan sikap yang harus dilakukan. Dengan demikian tujuan dari pembelajaran pendidikan Pancasila ini dapat terpenuhi

Baca juga:  Pengembangan Media Papan Flannel untuk Penjumlahan dan Pengurangan

Oleh : Dra. Anik Nafi’ah

Guru PPKn SMP Negeri 1 Mlonggo

iklan