Scientific Berbantuan Whiteboard Animation Tingkatkan Hasil Belajar TIK

SULISNIYATI, S.Kom Guru TIK SMP Negeri 1 Ngadirojo – Kab. Wonogiri
SULISNIYATI, S.Kom Guru TIK SMP Negeri 1 Ngadirojo – Kab. Wonogiri

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat Sekolah Menengah Pertama memiliki peranan yang sangat penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi sejak dini. Pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran TIK kelas IX A semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 1 Ngadirojo sering mengalami kesulitan dalam pelajaran teori maupun praktek. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman sebagai guru di SMP Negeri 1 Ngadirojo dalam pembelajaran TIK, khususnya pada materi e-mail masih banyak siswa belum memperoleh hasil yang memuaskan hal ini dilihat dari hasil ulangan harian pada materi tersebut.

Untuk mengetatahui penyebab hasil belajar yang kurang maksimal tersebut dan mencari solusi terhadap rendahnya hasil belajar TIK materi e-mail, maka sebagai guru perlu mencari penyebab hasil belajar siswa dapat meningkat. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru masih kurang dalam mengembangkan variasi mengajar di kelas, metode yang digunakan guru cenderung caramah di depan kelas sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang memahami materi maka hasil belajar siswa tidak memuaskan.

Baca juga:  Discovery Learning Tingkatkan Pemahaman Belajar TIK

Untuk mengatasi masalah tersebut, cara yang tepat dalam pembelajaran yaitu salah satunya dengan melalui pendekatan scientific berbantuan media pembelajaran Whiteboard Animation. Menurut Sani (2014), Pendekatan scientific dalam pembelajaran memiliki komponen proses pembelajaran antara lain: 1) mengamati; 2) menanya; 3) mencoba/mengumpulkan informasi; 4) menalar/asosiasi; 5) membentuk jejaring/melakukan komunikasi. Pendekatan scientific merupakan pendekatan yang dirancang sedemikian rupa untuk memandu siswa agar aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan ilmiah.

Media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat atau sarana atau perantara yang digunakan dalam proses interaksi yang berlangsung antara guru dan siswa untuk mendorong terjadinya proses belajar mengajar dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan serta memantapkan apa yang dipelajari dan membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas. Media pembelajaran whiteboard animation merupakan sebuah tayangan berformat video yang menggambarkan ilustrasi disertai audio tentang narasi dari ilustrasi tersebut. Dalam tayangan whiteboard animation ini dibuat gambaran langkah-langkah mengenai cara membuat e-mail, membuka, membalas, meneruskan, menyisipkan file.

iklan
Baca juga:  PBL Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAIBP

Mengenai langkah dalam pembelajaran, sebelum siswa membuat e-mail, guru menyajikan terlebih dahulu media pembelajaran Whiteboard Animation, siswa melakukan pengamatan terhadap media tersebut, kemudian menemukan masalah untuk mengajukan pertanyaan, siswa mencoba atau mengumpulkan informasi, mulai dari membuat email, mengirim email baru, membuka email masuk, membalas, dan melampirkan file, terakhir siswa membuat jejaring atau melakukan komunikasi baik kepada teman maupun kepada guru. Setelah berhasil membuat email setiap siswa mengirimkan laporan dalam bentuk dokumen dan gambar. Laporan yang dikirim melalui email tersebut mengenai kegiatan melestarikan lingkungan SMP Negeri 1 Ngadirojo sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2018, misalnya laporan membuat ekobrik dari botol bekas, foto ekobrik, kerajinan tangan dari bahan bekas, miniature taman, hidroponik, pembuatan pupuk organic dan lain-lain.

Baca juga:  Google Classroom Tingkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Masa Pandemi

Pembelajaran TIK A pada materi e-mail dengan menggunakan pendekatan scientific dengan berbantuan Whiteboard Animation ini dipandang tepat sekali bagi siswa kelas IX semester genap di SMP Negeri 1 Ngadirojo. Melalui pendekatan scientific dapat menumbuhkan solidaritas dan kerjasama antar teman, mendorong dan menginspirasi siswa untuk berpikir secara kritis, memahami dan memecahkan masalah serta mengaplikasikan materi pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam proses pembelajaranpun siswa merasa tidak bosan bahkan sangat menyenangkan.

SULISNIYATI, S.Kom
Guru TIK SMP Negeri 1 Ngadirojo – Kab. Wonogiri

iklan