JATENGPOS.CO.ID – Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman yang mana menuntut segala sesuatu dikerjakan serba efektif dan efisien, sumber daya manusia harus mampu untuk memenuhi kebutuhan dan mengikuti perubahan tersebut secara komprehensif. Tak terkecuali juga dalam ranah pendidikan yang menjadi cikal bakal terbentuknya pribadi seseorang baik dalam lingkup afektif, kognitif dan psikomotor. Memasuki era globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang antar negara serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini, telah menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan. Pengembangan, difusi dan inovasi dalam bidang- bidang tertentu digencarkan oleh pemerintah untuk kegiatan belajar mengajar.
Dunia pendidikan tak luput dari inovasi komputer atau yang biasa sering kita sebut dengan dunia digital dimana semakin berkembang bentuk pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai sumber belajar selain buku. Saat ini integrasi teknologi dan informasi (TIK) dengan pembelajaran menjadi sangat penting. TIK mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif maupun kolaboratif dalam sebuah proses belajar mengajar. TIK memberikan pengalaman berpikir konstruktif, intentional, dan reflektif. Dengan kata lain, dengan hadirnya berbagai media dari TIK memungkinkan pembelajaran disampaikan secara interaktif melalui dukungan visualisasi dan audio yang memberikan pengalaman baru bagi peserta didik. Dengan pemanfaatan dan pengembangan melalui TIK dengan membuat multimedia pembelajaran dapat berdampak positif dan signifikan dalam meningkatkan capaian akademik dan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
Game merupakan salah satu bentuk pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bersifat multimedia dalam wujud kegiatan yang menghibur dan menimbulkan ketertarikan, cenderung pada memberikan tantangan, dan juga sebuah kegiatan yang mana peserta didik bermain dan berinteraksi satu sama lain. Game based learning (GBL) merupakan metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan game based learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric.
Game based learning salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan semakin memotivasi peserta didik untuk belajar, menimbulkan kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game, juga dapat menambahkan motivasi pada peserta didik untuk memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik dimana memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya. Beberapa kelebihan yang bisa digunakan sebagai pertimbangan pendidik dalam memanfaatkan game based learning ( GBL) dalam pembelajaran antara lain dengan dengan pembelajaran model game based learning ini membuat peserta didik berinteraksi atau berperan langsung dalam pembelajaran, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami materi tersebut, menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, menumbuhkan rasa nyaman, menarik, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran, pendidik dapat mengevaluasi peserta didik secara langsung.
Pembelajaran dengan permainan dapat berkesan kuat dan bertahan lama dalam ingatan peserta didik dan menumbuhkan rasa solidaritas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis game based learning tersebut efektif untuk digunakan sebagai media utama dan atau penunjang dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dipertimbangkan oleh pendidik untuk dapat menggunakan multimedia game based learning sebagai pendorong bagi peningkatan hasil belajar peserta didik. Produk multimedia ini mampu digunakan sebagai sumber belajar peserta didik untuk belajar secara mandiri ataupun kelompok karena sifatnya yang praktis, menyenangkan dan mudah dalam penggunannya.
Fr.R Dewi Astika Indah Sintawati, St
Guru Multimedia Smk N 1 Gesi Sragen