Tingkatkan Minat Pembelajaran IPS dengan Crossword Puzzle

Chrystanti Tri Hastuti, S.E Guru IPS SMP Negeri 2 Giritontro Kabupaten Wonogiri
Chrystanti Tri Hastuti, S.E Guru IPS SMP Negeri 2 Giritontro Kabupaten Wonogiri

Menumbuhkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) siswa menjadi tantangan seorang guru IPS. Guru harus berfikir keras, strategi apa yang bisa menumbuhkan minat belajar siswanya. Dengan pembelajaran IPS yang memang memiliki materi sangat luas dan mengharuskan siswanya untuk lebih banyak membaca agar bisa mengetahui materi yang dipelajari. Padahal untuk menumbuhkan gemar membaca pada siswa saat ini sangat sulit karena siswa kurang berminat untuk membaca buku terutama buku pelajaran, kondisi tersebut juga terjadi ditempat penulis bekerja yaitu di SMP Negeri 2 Giritontro terutama kelas delapan tahun pelajaran 2018/2019, penulis sebagai pengajar di kelas tersebut.

            Dengan kondisi tersebut, penulis mencoba mengenalkan metode Crossword puzzle atau Teka Teki Silang ( TTS ) untuk menumbuhkan minat belajar siswa sehingga tidak jenuh bahkan lebih tertarik dalam pembelajaran IPS . Dalam materi Pengembangan Ekonomi Maritim dan Agrikultur Iindonesia pada kompetensi Dasar : Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antaruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. Pengajar menyampaikan materi dengan metode crossword puzzle  dengan tujuan bisa menumbuhkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS. .

Baca juga:  Kaidah Penulisan Singkatan dan Akronim

            Minat merupakan pendorong yang menyebabkan seseorang memberi perhatian tehadap orang, sesuatu, aktivitas-aktivitas tertentu ( Johny Killis, 1988:26 ). Berdasarkan hal tersebut, setiap individu diharapkan  mempunyai minat terhadap belajar yang tinggi, maka akan terdorong untuk memberikan perhatian terhadap pembelajaran tersebut.

            Dalam bahasa Indonesia , Crossword Puzzle adalah teka-teki silang (TTS). Crossword Puzzle menurut Rinaldi Munir (2005) merupakan suatu permainan dengan tempelate yang berbentuk segi empat yang terdiri dari kotak-kotak yang berwarna hitam putih, serta dilengkapi 2 jalur, yaitu mendatar( kumpulan kotak yang berbentuk satu baris dan beberapa kolom dan menurun ( kumpulan kotak satu kolom dan beberapa baris ).

iklan

            Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode Crossword Puzzle adalah :

  1. 1. Guru menuliskan kata kunci, terminologi atau nama-nama yang berhubungan dengan materi ,
  2. 2. Guru membuat kisi-kisi yang dapat diisi dengan kata-kata yang telah dipilih,
  3. 3. Guru membuat pertanyaan yang jawabannya adalah kata yang telah dibuat atau mengarah kepada kata tersebut,
  4. 4. Guru membagikan teka-teki kepada siswa secara kelompok,
  5. 5. Diberi batas waktu mengerjakan,
  6. 6. Kelompok yang telah selesai terlebih dahulu dan benar akan mendapat hadiah.
Baca juga:  “Teacher is Friendship” Mencerdaskan Lewat Keakraban

            Dengan begitu, siswa diarahkan untuk membentuk kelompok, kemudian dalam pengerjaannya, tiap kelompok membagi ada yang menjawab pertanyaan mendatar dan ada yang mengerjakan menurun sehingga semua siswa membaca materi dengan sungguh-sungguh serta bekerja secara adil dan dapat dengan cepat menguasai materi dengan baik. Selanjutnya kelompok yang sudah selesai diberikan ke guru dan diteliti, apabila sudah benar, kelompok tersebut mempresentasikan hasilnya di depan kelas.

            Dengan metode Crossword Puzzle, terbukti dapat meningkatkan minat belajar IPS di SMPN 2 Giritontro . Siswa lebih mudah memahami dan menguasai materi dan menghilangkan rasa jenuh dalam pembelajaran IPS.

 

Chrystanti Tri Hastuti, S.E

Guru IPS SMP Negeri 2 Giritontro

Baca juga:  Model TPS Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Kabupaten Wonogiri

iklan